Thursday 30 January 2014

obyek wisata di grobogan purwodadi

Kabupaten Grobogan adalah salah satu Kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Ibukota kabupaten ini bernama Purwodadi. kabupaten yang terletak di timur Semarang ini juga mempunyai obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat bendungan paling besar di Jawa Tengah yaitu Kedung Ombo yang selain mempunyai fungsi sosial juga menjadi obyek wisata di Grobogan. Selain itu juga terdapat tempat wisata lain yang mungkin akan menyesal jika terlewatkan. Berikut ini daftar obyek / tempat wisata yang ada di Grobogan Jawa Tengah yang menarik :
wisata-grobogan
1. Waduk Kedung Ombo
Obyek wisata waduk Kedung Ombo ini terletak di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, kawasan Waduk Kedung Ombo mempunyai area seluas 6.576 Ha yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 Ha dan lahan daratan 3.746 Ha. Waduk yang mulai didirikan tahun 1980 dan selesai pada tahun 1991 ini merupakan salah satu bendungan terbesar yang ada  di IndonesiaSelengkapnya>>
2. Bledug Kuwu
Bledug Kuwu merupakan sebuah tempat wisata lumpur yang berada di desa Kuwu Kecamatan Keradenan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Tempat wisata ini mirip bencana luapan lumpur Sidoarjo. Dapat ditempuh   kurang lebih 30 km ke arah timur dari Purwodadi. Bledug Kuwu berasal dari kata bledug (bahasa jawa = mbledug) yang artinya meledak / ledakan dan ‘kuwu‘ yang diserap dari kata ’kuwur‘ yang berarti ‘lari / kabur / berhamburan‘. Selengkapnya>>
3.  Api Abadi Mrapen
Seklias dari namanya memang Api yang keluar di kompleks wisata alam ini abadi. Fenomena keluarnya api ini menjadi obyek wisata yang menarik karena api yang keluar dari dalam tanah tidak padam meskipun hujan turun. Obyek wisata ini terletak di desa Manggarmas, Kecamatan Godong. Teletak tepat di tepi jalan raya Semarang- Purwodadi. Api Abadi Mrapen berjatrak 26 km dari ibukota kabupaten, Purwodadi.
4. Gua Macan dan Gua Lowo
Wilayah Kabupaten Grobogan memang banyak dikelilingi perbukitan kapur maka dari itu terdapat beberapa gua kapur. Salah satunya adalah Gua macan dan Gua Lowo. Dinamakan gua macan karena dulunya banyak macan yang ada di wilayah itu dan Gua Lowo diambil dari bahasa jawa Lowo yang berarti kelelawar karena gua itu dihuni oleh sekumpulan kelelawar. Gua Macan dan Lawa Letaknya di Dusun Watu Song Kelurahan Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 5 kilometer. Kitadapat melihat indahnya stalaktit dan stalakmit di gua gua tersebut. Selain dua gua tersebut juga terdapat gua lain yang berada di kabupaten Grobogan seperti Gua Urang, Gua Anggil-Anggil, Gua Gajah, Gua Ngesong, Gua Teges, dan Gua Gogor.
5. Air Terjun Widuri
Terletak di desa Kemadoh Batur, kecamatan Tawangharjo 19 km timur kota Purwodadi. Obyek wisata ini berada di tengah kawasan hutan jati dengan panorama alami yang sangat indah mempesona. Dengan dilengkapi oleh areal tanah yang cukup luas sebagai bumi perkemahan, menambah daya tarik wisatawan, khususnya para remaja yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam
Selain 5 Obyek Wisata diatas ada juga wisata spiritual seperti Makam Ki Ageng Seno dan beberapa sendang / pemandian seperti pemandian Mudal, Sangeh, Segoro Gunung juga sendang Paesan, Wangi, dan Sendang Bulusan. Untuk wisata kuliner di Grobogan kita bisa mencoba Gethuk Lindri yang terbuat dari singkong.
Itulah beberapa tempat / obyek wisata yang ada di Grobogan Jawa Tengah, Semoga bisa menjadi panduan / referensi bagi yang ingin berlibur di Grobogan.

No comments:

Post a Comment